Pola makan orang jepang

Pernah ga sih kalian bertanya kenapa orang jepang badannya kok langsing-langsing yah…? sebenarnya saya mengangkat tema ini atas ide temen saya. hehe. Saya juga nga habis pikir loh, kebanyakan dari orang jepang itu tubuhnya langsing. Kenapa? pasti ada rahasia di balik ini semua.. Mari kita kupas satu-satu setajam golook… hehe.

Saat mencari materi di mas google, saya menemukan salah satu cerita dari sebuah forum yang sharing tentang kehidupannya di negeri sakura langsung.

Orang jepang langsing bukan karena memang keturunan, tapi melainkan dari pola makan orang jepang itu sendiri. Ya, di jepang memang tidak seperti di amerika atau bahkan di indonesia sendiri yang sekarang ini lagi jaman-jamannya makanan cepat saji yang bernuansa junk food.

Porsi makan masyarakat Jepang sangat sedikit sekali. Satu porsi nasi orang dewasa sama dengan porsi makan anak-anak di Indonesia, sedangkan anak-anak lebih kecil lagi. Dalam menu harian mereka selalu ada sup sayuran atau sup rumput laut dengan miso shiru, atau selada, atau sayuran rebus. Satu potong kecil lauk, baik itu berupa ikan, sosis, atau daging. Setelah makan mereka minum ocha (teh hijaunya Jepang) hangat. Wah, bisa dibayangkan betapa sehatnya pola makanan yang bernuansa sayuran ini.

Tapi tidak semua anak jepang mau menerima sayuran, layak nya seperti di indonesia, anak-anak susah sekali makan yang namanya sayuran. Tapi, jika di sekolah mereka selalu di ceritakan oleh guru-guru mereka bahwa sehatnya sayuran itu, jika kita tidak makan sayuran kasihan pak petani yang sudah menanam, kasihan pedagang sayuran jika tidak ada orang yang membeli dan memakannya, dan kasihan ibu-ibu mereka yang sudah susah payah memasak makanan untuk mereka. Tapi kenapa kalian tidak mau memakannya. Cara ini terbilang efektif, terbukti saat di sekolah anak-anak dengan lahap nya memakan sayuran yang sangat bermanfaat itu.

Selain menu sehat dan porsi sedikit, orang jepang hampir tidak pernah makan daging. Ya, mereka lebih menggunakan ikan untuk pauk ketimbang daging. biarpun tidak menutup kemungkinan mereka makan daging dan ayam walau frekuensi nya sedikit.

Masyarakat jepang juga cendrung tidak suka makanan manis, itu sebabnya kita bilang kue-kue jepang itu tidak enak dan tidak semanis biskuit-biskuit yang ada di indonesia, karena kita sudah terbiasa makan-makanan manis, sehingga merasa asing dengan makanan yang kita anggap tidak ada rasa tersebut. Karena masyarakat jepang menganggap gula tidak baik untuk kesehatan. Sehingga kopi dan teh (ocha) pun mereka konsumsi tanpa gula. Itu sebabnya masyarakat jepang lebih terhindar dari penyakit diabetes, jadi tidak heran jika usia orang jepang sangat panjang, bahkan sampai nenek-kakek pun terlihat masih sehat segar bugar, mampu berpergian sendiri, dan bahkah rumah mereka ada di lantai 4 tanpa lift.

Sebuah terobosan penting untuk menuju masyarakat indonesia sehat, tidak ada salahnya jika kita meniru gaya sehat orang jepang ini.   :)

8 thoughts on “Pola makan orang jepang

  1. Nah! Bener tuh. Pola hidup dan makan sehat kayak gini patut banget ditiru masyarakat kita. Ngeri deh ngeliat semakin banyak penderita obesitas, bahkan banyak juga penderita dari kalangan anak-anak. Tapi justru keluarga mereka seneng liat anaknya gemuk, katanya sehat. Padahal sehat itu nggak selalu bisa diukur dari ukuran tubuh kan ya?

    Keren deh Ruu, informatif banget ^^
    Aku kasih masukan dikit boleh ya (maaf sebelumnya, bukan maksud menggurui). Coba deh Ruu nulisnya memperhatikan EYD juga, itu kapitalismenya dibenerin biar lebih rapi tulisannya. Kata-katanya udah oke banget kok.

    Ganbatte! ^^b

  2. Boleh juga tuh di coba caranya pola makan orang jepang. Soalnya gue mau ngurusin badan susah banget, ada perut gue yang sakit karena diet makan.
    Karena cara diet gue salah, bukannya makan nasi tapi gue malah ngemil yang banyak. jadi tambah gendut deh badan gue.. Sekarang gue mau coba nih pola makan orang jepang, mudah-mudahan diet gue sukses deh!

  3. Yahoo!

    hmm, iye~ada benarnya juga…emang dr zaman dulu pola makan orang jepang seperti itu. tidak banyak juga tidak kurang porsinya. yah bisa di bilang sedang.
    hmm, soal pola makan Jepang ada istilahnya yaitu ‘Harahachibunme’. maksudnya, makannya tidak berlebihan, juga tidak kurang. ini yang salah satu rahasia Shogun Tokugawa Ieyasu bisa hidup sampai umur 70an. (persisny sy lupa) menurut penelitian…

    soal makanan manis, di Jepang juga ada, namanya ‘Youkan’. itu emang manisnya sangat! biasanya kalau mau makan youkan disertai Ocha yang pahit….
    demikian dari saya Andi Takeshi alias Noviandi Nurmansyah…

    • waw… berarti budaya ‘makan sedikit’ ini udah ada dari jamannya nenek moyang ya…
      berarti cara diet ini sangat efektif, ga nutup kemungkinan kalo kita juga bisa langsing-langsing seperti orang jepang dong ya… hehe.

      terimakasih atas informasi nya ya pak!😀

  4. Lho gimana caranya kok orang Jepang bisa sering main film…….dan kenapa mereka begitu energik kayak ninja warriors dengan asupan gizinya yg sedikit itu ?

    mana kekuatan bangsa indonesia yg 4 sehat 5 sempurna ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s